SOFTSKILL, TOEFL SKILL 1-5
A. Skill 1 : Subject and Verbs
Dalam
sebuah kalimat bahasa Inggris, harus ada minimal sebuah Subject (subjek) dan
sebuah Verb (kata kerja).
Contoh 1:
....................was ringing repeatly for hours.
(A) Loudly
(B) In the morning
(C) The alarm
(D) The bells
Analisa:
Ø Kalimat di atas
memiliki Verb yaitu was ringing, tapi tidak memiliki Subject.
Ø Dari pilihan
jawaban; (A) Repeatly dan (B) In the morning salah karena keduanya adalah
adverb. Jawaban (D) The bells juga salah
karena bells adalah plural dan tidak sesuai dengan was ringing yang berbentuk
singular verb. Jawaban terbaik adalah (C) The alarm karena phone singular verb
dan sesuai dengan singular verb was ringing.
Contoh 2:
The milk ……………
every morning and every evening.
(A) delivery
(B) is delivered
(C) on time
(D) regularly
Analisa:
Ø Kalimat diatas
memiliki Subject yaitu Newspapers, tapi tidak memiliki Verb.
Ø Jawaban (A)
delivery, (C) on time dan (D) regularly adalah salah karena mereka bukan verb.
Jawaban (B) is delivered benar karena mereka adalah verb.
EXERCISE 1:
Find the subjects and the verbs in each of the following
sentences. Then indicate if the sentences are correct (C) or incorrect ( I ).
1) My mother
always cooks delicious food for me. ( I )
Analisa:
Ø Subject dari
kalimat ini adalah My mother, tapi tidak memiliki Verb is.
Ø Kalimat yang benar
seharusnya My mother is always cooks
delicious food for me.
2) The football
match schedule has changed since last week. (C)
Analisa:
Ø Kalimat diatas
sudah memiliki Subject The football match sudah memiliki Verb has changed
3) Accidentally
broke the glass on the floor. ( I )
Analisa:
Ø Kalimat diatas
tidak memiliki Subject, tapi memiliki verbs broke.
Ø Kalimat yang benar
seharusnya adalah Accidentally she/he
broke the glass on the floor.
4) The customer paying the waiter for the dish.
(I)
Analisa:
Ø Kalimat diatas
sudah memiliki Subject the customer dan part of verb paying. Kalimat diatas
membutuhkan to be untuk menjadikannya complete verb.
Ø Kalimat yang benar
seharusnya adalah The customer is
paying the clerk for the clothes.
5) The professor gave
the syllabus to the students. (C)
Analisa:
Ø Kalimat diatas
sudah memiliki Subject professor dan Verb gave.
B. Skill 2 : Object of prepositions
An object of prepotition adalah noun (kata benda) atau
pronoun (kata ganti) yang terletak setelah preposition (kata depan), seperti
in, at, of to, by, behind, dan on yang befungsi membentuk sebuah prepositional
phrase.
Contoh 1:
The trip (to the island) (on Sunday) will last (for four
hours).
Kalimat diatas berisi tiga buah object of preposition;
Island sebagai object of preposition dari to; Sunday sebagai object of
preposition dari on dan four hours sebagai object of preposition dari for.
Pada Structure Section TOEFL Test, object of preposition
bisa membingungkan karena banyak yang menduga bahwa object of preposition
adalah subject dari kalimat tersebut.
Contoh 2:
To Yayhi …….. was a big surprise.
(A) really
(B) the party
(C) funny
(D) when
Analisa:
Ø Dari kalimat diatas,
harus dipahami bahwa Yayhi (noun) bukanlah Subject tapi object of preposition
dari To.
Ø Subject dari
kalimat diatas tidak ada, sedangkan Verbnya adalah was.
Ø Karena yang
dibutuhkan adalah Subject, maka jawaban terbaik adalah (B), the party.
Sedangkan (A), (C), dan (D) salah karena mereka bukanlah Subject.
Harus dingat bahwa:
Preposition diikuti oleh noun atau pronoun yang kemudian
disebut object of preposition.
Jika sebuah kata adalah object of preposition, maka kata
tersebut bukanlah sebuah Subject.
EXERCISE 2
1. The title of the film in the cinema
is Fast Furious 6. (C)
Analisa:
Ø The Cinema bukanlah
subject, tapi hanyalah Object of Preposition dari in.
Ø Sedangkan
Subjectnya adalah title dan Verbnya adalah is.
2. By the next meeting of the class
need to bring the laptop.( I)
Analisa:
Ø the class bukanlah
Subject, tapi hanya object of preposition dari of.
Ø Kalimat diatas
tidak memiliki Subject, tapi memiliki verb yaitu need to bring.
Ø Kalimat yang benar
seharusnya By the next meeting of the class they need to bring the laptop.
3. The directions to the exercise on page 25
unclear. (I)
Analisa:
Ø page 25 bukanlah
subject, tapi hanya object of preposition dari on.
Ø Kalimat diatas
memiliki Subject yaitu the directions, tapi tidak memiliki Verb.
Ø Adapun kalimat yang
benar adalah The directions to the exercise on page 25 are unclear.
4. During the week eat lunch in the
school canteen. (C)
Analisa:
Ø the week bukanlah Subject, tapi hanya object of
preposition dari during.
Ø Kalimat diatas tidak memiliki Subject, tapi memiliki Verb
yaitu eat.
Ø Kalimat yang benar mungkin During the week, they eat lunch in the school canteen.
5. In the morning after the concert
was tired.
Analisa:
Ø the concert
bukanlah Subject, tapi hanya object of preposition dari after.
Ø Kalimat diatas
tidak meiliki Subject, tapi sudah memiliki Verb yaitu was.
Ø Kalimat yang benar
adalah: In the morning after the concert she/he
was tired.
C. Skill 3 :
Present Participle
Present Participle adalah verb + ing. Contohnya: studying, driving, cooking. Penggunaan
Present participle pada Structure section TOEFL test seringkali membingungkan
karena fungsinya yang bisa sebagai part of a verb (bagian dari kata kerja) atau
adjective (kata sifat).
1. Sebagai bagian dari kata kerja (Part of a verb)
Present participle (verb+ing) akan berfungsi sebagai part of
a verb jika digunakan bersamaan dengan tobe (am, is, are, was, and were).
Contoh:
The bus is arriving at the halte now.
The students are playing in the yard.
Analisa:
Ø arriving adalah
part of a verb karena ditemani oleh is (to be).
Ø playing adalah part
of a verb karena ditemani oleh are (to be)
2. Sebagai adjective (Kata Sifat)
Present participle (Verb + Ing) berfungsi sebagai adjective
apabila tidak ditemani oleh to be (am, is, are, was and were).
Contoh:
Ø The bus arriving at
the halte now is an hour late.
Ø The students
playing in the yard look very happy.
Analisa:
Ø arriving is
adjective karena tidak ditemani oleh be. Sedangkan, Subject kalimat diatas
adalah bus dan verbnya adalah is.
Ø playing adalah
adjective karena tidak ditemani oleh be. Subject dari kalimat diatas adalah
students dan verbnya adalah look.
EXERCISE 3
Look at the following sentences and Check if they are
correct (C) or incorrect (I).
1. The crying baby needs to be picked
up. (C)
ADJ
Analisa:
Ø Kalimat diatas
sudah benar karena crying berfungsi sebagai adjective.
Ø Subject dari
kalimat diatas adalah baby, sedangkan verb nya adalah needs to be picked up
2. The clothes are lying the floor
should go into the washing machine. (I)
VERB
Analisa:
Ø kalimat diatas
salah karena are lying seharusnya lying
dan berfungsi sebagai adjective bukan bagian dari kata kerja (part of a verb).
Ø Sedangkan kalimat
yang benar adalah The clothes lying the
floor should go into the washing machine.
3. The waiter bringing the lobster dish to
the waiting dinners. (I)
ADJ
Analisa:
Ø Kalimat diatas
salah karena bringing seharusnya is bringing dan berfungsi sebagai part of a
verb bukan adjective.
Ø Kalimat yang benar
seharusnya adalah The waiter is bringing
the lobster dish to the waiting diners.
4. For her birthday, the child is getting a
talking doll. (C)
Analisa:
Ø Kalimat diatas
sudah benar karena getting berfungsi sebagai part of a verb dan setelah
ditambahkan is (to be) menjadi complete verb.
Ø Sedangkan Subject
dari kalimat diatas adalah the child.
5. The setting sun creating a rainbow
of colors in the sky. (I)
Analisa:
Ø Kalimat diatas
salah karena creating harusnya is creating dan berfungsi sebagai part of a
verb.
Ø Kalimat yang benar
seharusnya The setting sun is creating a rainbow of colors in the sky.
D. Skill 4 : Past Participle
Past
participle adalah Verb III dari kata kerja. Contoh: taught, studied, left,
cooked Penggunaan Past Participle pada Structure Questions seringkali
membingungkan karena neniliki dua fungsi, yaitu part of a verb (bagian dari
kata kerja) dan adjective (kata sifat).
1. Sebagai part of a verb
Past participle akan berfungsi sebagai part of a verb
(bagian dari kata kerja) apabila ditemani oleh have, has, had and be (am, is,
are, was, were).
Contoh:
Ø The postman has
left a letter in the mailbox. (Left is part of a verb)
Ø The classes were
taught by Professor Andrew. (Taught is part of a verb)
Analisa:
Ø Pada kalimat
pertama, left adalah bagian dari kata kerja karena ditemani oleh has.
Ø Pada kalimat kedua,
taught adalah bagian dari kata kerja karena ditemani oleh be (were)
2. Sebagai adjective
Past Participle berfungsi sebagai kata sifat (adjective)
apabila tidak ditemani dengan have, has, had atau be (am, is, are, dan were).
Contoh:
Ø The letter left in
the mailbox was for me. (Left is adjective)
Ø The classes taught
by Professor Andrew were very interesting. (Taught is adjective)
Analisa:
Ø left adalah
adjective karena tidak ditemani oleh has/have or to be. SedangkanSubject dari
kalimat pertama adalah The letter dan Verb nya adalah was.
Ø taught adalah
adjective karena tidak ditemani oleh has/have atau to be. Sedangkan Subject dan
verb dari kalimat kedua adalah The classes dan were.
EXERCISE 4
Each of the following sentences contains one or more past
participles. Circle the past participles, and label them as adjectives or
verbs. Then indicate if the sentences are correct (C) or incorrect (I).
1. The food is served in this
restaurant is delicious. (I)
Analisa:
Ø is served harusnya
served saja karena berfungsi sebagai adjective.
Ø Sedangkan Subject
nya adalah The food dan Verb nya adalah Is.
Ø Kalimat yang benar
adalah The food served in this
restaurant is delicious.
2. The plane landed on the deserted
runway. (C)
Analisa:
Ø Subject is The
place and Verb is landed
Ø Deserted
adalah adjective
3. The unexpected guests arrived just
at lunchtime. (C)
Analisa:
Ø unexpected adalah adjective.
Ø Subject nya adalah
guests dan Verb nya arrived.
4. The courses are listed in the
catalogue are required courses. (I)
Analisa:
Ø are listed
seharusnya hanya listed dan berfungsi sebagai adjective bukan part of a verb.
Ø Subject nya adalah
courses dan verbnya are required.
5. The teacher found the lost exam.
(C)
Analisa:
Ø lost adalah
adjective.
Ø Subject nya adalah
teacher sedangkan verbnya adalah found.
E. Skill 5 : Coordinate Connector
Yang
dimaksud dengan Coordinate Connector adalah AND, BUT, OR, or SO. Banyak kalimat
dalam Bahasa Inggris yang terdiri dari dua klausa ( Klausa adalah kelompok kata
yang paling sedikit terdiri dari satu Subject dan satu Verb (Predikat). Ketika
ada dua kalimat dalam Bahasa Inggris, kita harus menggabungkannya dengan benar.
Saalahs atu cara untuk menggabungkan dua buah kalusa adalah dengan menggunakan
AND, BUT, OR, or SO.
Contoh:
1. The sun was shining and the sky was
blue.
2. The sky was blue, but it was very cold.
3. It may rain tonight, or it may be
clear.
4. It was raining outside, so I took
my umbrella.
Analisa:
Keempat kalimat diatas terdiri dari dua klausa dan semuanya
di hubungkan dengan sebuah Coordinate Connector dan sebuah Comma.
Contoh berikut ini akan menunjukan bagaimana Coordinate
Connector di Tes di Structure Questions pada TOEFL Test.
Contoh:
I forgot my umbrella, ____ I got very wet.
(A) then
(B) so
(C) later
(D) as a result
Analisa:
Kalimat diatas memiliki dua
buah klausa: I forgot my umbrella
dan I got very wet. Untuk menghubungkannya, kita harus menggunakan sebuah
Coonector. KataThen (A), later (C), dan as a result (D) bukanlah Connector.
Jadi jawaban terbaik adalah (B) karena so bisa menghubungkan kedua klausa
tersebut dengan benar.
EXERCISE 5
Exercise 5 dibawah ini fokus pada permasalahan Coordinate
Connector. Baca kalimatnya dan tentukan
apakah jawabannya Correct (C) atau Incorrect (C).
1. The lawn needs water every day, or it will turn brown.
(C)
Analisa:
Ø Kedua Klausa diatas
sudah benar, begitu juga dengan Coordinate Connectornya.
2. The novel was not thick, it difficult to read. (I)
Analisa:
Ø Klausa kedua tidak
memiliki verb (is) dan Connector.
Ø Kalimat yang benar
adalah The novel was not thick, but it is difficult to read.
3. It was raining, so decided not to go camping. (I)
Analisa:
Ø Klausa/kalimat
kedua tidak memiliki Subject. Tapi sudah memiliki connector, so.
Ø Kalimat yang benar
seharusnya adalah It was raining, so I
decided not to go camping.
4. The material has been cut, and the pieces have been sewn
together.(C)
Analisa:
Ø Kedua
kalimat/klausa sudah benar begitu juga dengan connectornya
5. The patient took all the medicine, she did not feel much
better.(I)
Analisa:
Ø Kedua
kalimat/klausa diatas sudah benar, tapi belum ada connectornya.
Ø Kalimat yang benar
seharusnya adalah The patient took all
the medicine, but she did not feel much better.
Sumber: http://www.toeflibtpreparation.net/
No comments:
Post a Comment