Sunday, July 8, 2012

benarkah anda berinvestasi?

Kapan tepatnya Anda berinvestasi? Pasti jawabannya ‘sewaktu saya mengucurkan dana pada investasi tertentu’. Mungkin Anda akan menyebut pada pasar keuangan, deposito, atau pada usaha tertentu. Berinvestasi membuat sejumlah dana Anda ‘bekerja’ dan memberikan hasil tertentu yang merupakan keuntungan dari penanaman dana Anda tadi. Anda tidak perlu memikirkan pengelolaan dana tersebut berjalan dan beraktivitas seperti apa. Anda hanya tahu bahwa akan ada sejumlah keuntungan pada waktu yang sudah disepakati.
Namun benarkah Anda tengah berinvestasi? Jika Anda mengatakan diri tengah berinvestasi tapi ikut dalam pengelolaan investasi tersebut. Maka Anda bukan berinvestasi melainkan berbisnis. Ketika Anda menanamkan sejumlah dana dalam pasar keuangan, dan Anda ikut menentukan posisi dalam bursa, maka posisi Anda tengah melakukan bisnis. Sama juga ketika Anda ikut terlibat dalam pengelolaan investasi Anda pada sebuah usaha. Bahkan Anda turut memikirkan bagaimana operasional usaha tersebut berjalan dan mengambil keputusan-keputusan bagi jalannya usaha ini. Ini membuat posisi Anda bukan sebagai investor saja, melainkan pebisnis.
Jadi tepatnya kapan Anda dikatakan tengah melakukan bisnis?
Posisi Anda dianggap sebagai pebisnis bila Anda melakukan perhitungan dalam setiap kegiatan investasi Anda itu. Anda tak bisa lagi dianggap sebagai hanya seorang investor melainkan juga seorang pebisnis. Dimana Anda mencurahkan semua pemikiran Anda untuk memajukan usaha tersebut. Anda akan memperhitungkan sejumlah keuntungan yang harus diperoleh di akhir tahun masa pembukuan sebagai sebuah target. Seorang investor tak terlibat secara utuh dalam mengelola sebuah usaha. Yang hanya ia ketahui pada rapat umum pemegang saham adalah nilai pembagian saham yang akan diperolehnya.
Bukan hanya itu saja yang membuat posisi Anda dikatakan sebagai pebisnis selain investor. Ketika target investasi Anda melebihi lima persen, maka sebenarnya Anda sudah memposisikan diri sebagai seorang pebisnis. Bila Anda hanya ingin diposisikan sebagai investor, maka target yang ada tidak boleh melebihi lima persen.
Benarkah Anda tengah berinvestasi?

No comments:

Post a Comment