Sunday, July 8, 2012

sukses itu mudah

Sukses itu tak sesulit yang dibayangkan, semudah membalikan tangan saja! Namun bukankah sukses itu membutuhkan proses, membutuhkan perjuangan dan pengorbanan waktu dan materi? Itu sangat benar! Tapi tetap saja sukses itu sangat mudah!
Pasti saat ini dahi Anda mengernyit dan berpikir, apakah benar sukses itu sangat mudah? Memang benar sekali tak ada yang sulit untuk mencapai kesuksesan. Setiap orang berhak dan wajib untuk sukses, bagaimanapun juga! Namun di kepala setiap orang kesuksesan itu sangat sulit dan cenderung jauh dari kata mudah. Padahal sukses itu sudah ada dalam diri sendiri. Sayangnya kebanyakan orang tidak menyadarinya.
Apa yang membuat orang tidak menyadari kesuksesan tersebut? Ini lebih disebabkan kita –termasuk saya sendiri, selalu memandang kesuksesan orang lain lebih pantas diadaptasi ketimbang kesuksesan diri sendiri. Yang kerap terlupakan adalah bahwa ukuran kesuksesan pada setiap orang itu berbeda-beda. Termasuk pula cara pencapaiannya yang menempuh jalan yang berbeda juga.
Coba tanyakan pada diri sendiri sukses itu seperti apa? Jawabannya pasti mengambang, seperti memiliki rumah yang besar, bebas finansial, berlibur ke luar negeri sekali setahun atau dapat menyekolahkan anak sampai jenjang tertinggi. Sukses bukan seperti itu, sukses itu berhubungan dengan angka-angka. Tetapkanlah angka kesuksesan yang layak bagi diri Anda, kemudian tetapkan masa pencapaiannya dan ketika angka itu tercapai maka Anda sudah sukses.
Tapi bila angka tersebut tidak tercapai bukan berarti kita tidak mencapai kesuksesan. Hanya saja kita tidak tepat menetapkan ukuran untuk diri kita sendiri. Jadi sukses itu bukan seperti orang lain, ini berhubungan dengan ukuran diri yang harus disadari sejak awal. Ukurlah diri kita, maka dengan demikian kesuksesan itu sudah dapat diraih dengan mudah.
Mudah-mudahan poin berikut dapat membantu kita mengukur diri:
  • Kesuksesan adalah hak dan kewajiban setiap orang.
  • Kesuksesan bukan dengan meniru orang lain.
  • Pahamilah ukuran diri kita sendiri sebelum menetapkan kesuksesan.
  • Adaptasilah nilai-nilai yang membantu kita untuk mencapai sukses.
  • Jangan pernah mengukur diri dengan ukuran orang lain.
  • Tetapkan angka, waktu dan cara mencapai sukses.

No comments:

Post a Comment