Sunday, January 8, 2012

menjaga semangat


Banyak orang yang bersemangat di awal namun yang bertahan sampai akhir mungkin hanya segelintir orang. Menjaga semangat memang lebih sulit dibanding memunculkan semangat pada awal. Diperlukan tekad yang bulat dan visi yang selalu terjaga.
         Terkadang kebanyakan orang mulai lengah ketika usaha mereka sudah mulai naik dan cenderung tidak menjaga semangatnya. Padahal disitulah hal terberat menurut saya. Memang benar apa yang pepatah bilang, mempertahankan itu lebih sulit daripada mendapatkan.
         Contoh paling kecil adalah ketika kita ingin menjadi juara kelas. Kita hanya butuh belajar sedikit lebih lama dan lebih keras diatas orang rata-rata, niscaya jika itu dilakukan terus menerus kita akan dengan mudah mendapatkan prediksi juara kelas tersebut. Namun apa yang terjadi ketika kita sudah mendapatkan apa yang kita inginkan? Kita cenderung santai dan menganggap kalau kita sudah berhasil, padahal bukan begitu.
         Karena sedikit saja kita lengah dan kita tidak berhati-hati, kita bisa dikejar oleh competitor kita. Prestasi kita bisa turun dan digantikan oleh orang lain. Barulah kalau sudah begitu kita tersadar dan menyesal bahwa kita telah lengah menjga semangat kita.
         Pesan saya, sebisa mungkin jagalah semangat Anda dari awal sampai akhir, lebih baik lagi kalau semangat itu semakin bertambah setiap harinya. Insya Alah hidup kita akan lebih baik setiap harinya J

No comments:

Post a Comment