Sunday, January 8, 2012

semut


Semut adalah hewan kecil yang sering tidak kita sadari bahwa dia membawa banyak pelajaran tentang kehidupan. Coba perhatikan ketika semut bertemu dengan sesama semut, mereka pasti berhenti sejenak dan seolah menyapa mengucapkan salam walaupun mereka tidak saling kenal. Entah itu hanya halusinasi saya atau memang benar adanya. Adakah pelajaran yang bisa Anda ambil dari tingkah laku semut tersebut? Banyak! Namun saya akan menjelaskan salah satunya di dalam tulisan ini.
        Sikap saling menyapa ketika bertemu sesama antar semut tersebut sepertinya jarang kita lihat dilakukan oleh manusia di saat sekarang ini. Manusia semakin individualisme dan terkadang tidak peduli akan lingkungan sekitar. Terkadang ada juga orang yang saling kenal namun saat melihat temannya dia berpura-pura tidak kenal dan memalingkan muka. Begitulah yang saya lihat sikap negative di lingkungan sekitar akhir-akhir ini. Padahal apa salahnya menyapa? Bukankah silahturahmi itu penting dan dapat mempererat tali persaudaraan? Tidakkah kita maul kepada semut? Padahal manusia adalah makhluk Tuhan paling sempurna yang seharusnya bersikap menuju kesempurnaan juga.
        Marilah kita meniru sikap semut seperti ini. Berikanlah senyum, salam dan sapa terhadap siapapun, terutama orang terdekat kita. Agar hati ini damai selalu karena cinta yang bertaburan di hati kita semua. Salam! J

No comments:

Post a Comment